Tuesday, 31 October 2017

Kebijakan Pemerintahan Pada Masa Orde Baru




MAKALAH SEJARAH


KEBIJAKAN PEMERINTAH PADA MASA ORDE BARU

KELOMPOK 5
HELEN ARA KRISTUNA
MELSA ANANDA PUTRI
PERIJA YUSIPA MANALU
M. MADANIL ILMI
M. AUFA KUMARA SUCIPTA

KELAS XII IPA 5













Kebijakan – Kebijakan Pemerintah Pada Masa Orde Baru

Orde Baru sebagai pembatas untuk memisahkan antara periode kekuasaan Presiden Ir. Soekarno (Orde Lama) dengan periode kekuasaan Presiden Soeharto. Orde Baru lahir sebagai sebagai upaya untuk :
  • Mengoreksi total penyimpangan yang dilakukan pada masa Orde Lama.
  • Penataan kembali seluruh aspek kehidupan rakyat, bangsa dan Negara Indonesia.
  • Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen.
  • Menyusun kembali kekuasaan bangsa untuk menumbuhkan stabilitas nasional guna mempercepat proses pembangunan bangsa.
Orde Baru menganut sistem pemerintahan berdasarkan Trias Politika yaitu adanya pemisahan kekuasaan di pemerintahan yaitu eksekutif, yudikatif dan legislatif.

Kebijakan Politik Dalam Negeri Orde Baru
1. Pembentukan Kabinet Pembangunan
Kabinet pertama pada masa peralihan kekuasaan adalah Kabinet Ampera dengan tugasnya Dwi Dharma Kabinat Ampera yaitu menciptakan stabilitas politik dan stabilitas      ekonomi sebagai persyaratan untuk melaksanakan pembangunan nasional. Program Kabinet      Ampera terkenal dengan nama Catur Karya Kabinet Ampera, yakni:
·          Memperbaiki kehidupan rakyat terutama di bidang sandang dan pangan
·          Melaksanakan pemilihan umum dalam batas waktu yang ditetapkan, yaitu      tanggal 5 Juli 1968.
·          Melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif untuk kepentingan nasional.
·          Melanjutkan perjuangan anti imperialisme dan kolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya.
·          Setelah MPRS pada tanggal 27 Maret 1968 menetapkan Soeharto sebagai      presiden RI untuk masa jabatan lima tahun, maka dibentuklah Kabinet Pembangunan dengan tugasnya yang disebut Panca Krida yang  meliputi:
1. Menciptakan stabilitas politik dan ekonomi
2. Menyusun dan melaksanakan Pemilihan Umum
3. Mengikis habis sisa-sisa Gerakan 30 September
4. Membersihkan aparatur Negara di pusat dan daerah dari pengaruh PKI.
2. Pembubaran PKI dan Organisasi massanya
Dalam rangka menjamin keamanan, ketenangan, serta stabilitas pemerintahan,          Soeharto sebagai pengemban Supersemar telah mengeluarkan kebijakan: 
·          Membubarkan PKI pada tanggal 12 Maret 1966 yang diperkuat dengan Ketetapan MPRS No IX/MPRS/1966.
·          Menyatakan PKI sebagai organisasi terlarang di Indonesia.
·          Pada tanggal 8 Maret 1966 mengamankan 15 orang menteri yang dianggap terlibat Gerakan 30 September 1965.


3. Penyederhanaan Partai Politik
Pada tahun 1973 setelah dilaksanakan pemilihan umum yang pertama pada masa Orde    Baru pemerintahan, pemerintah melakukan penyederhaan dan penggabungan (fusi) partai-partai politik menjadi tiga kekuatan sosial politik. Penggabungan partai-partai politik tersebut tidak didasarkan pada kesamaan ideologi, tetapi lebih atas persamaan        program. Tiga kekuatan sosial politik itu adalah: 
·          Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang merupakan gabungan dari NU, Parmusi, PSII, dan PERTI
·          Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang merupakan gabungan dari PNI, Partai     Katolik, Partai Murba, IPKI, dan Parkindo
·          Golongan Karya
Penyederhanaan partai politik ini dilakukan pemerintah Orde Baru dalam upaya menciptakan stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Pengalaman sejarah pada masa         pemerintahan sebelumnya telah memberikan pelajaran, bahwa perpecahan yang terjadi dimasa Orde Lama, karena adanya perbedaan ideologi politik dan ketidakseragaman                   persepsiserta  pemahaman Pancasila sebagai sumber hukum tertinggi di Indonesia.
4. Pemilihan Umum
Selama masa Orde Baru pemerintah berhasil melaksanakan enam kali pemilihan umum,  yaitu tahun 19711977198519871992, dan 1997. Dalam setiap Pemilu yang        diselenggarakan selama masa pemerintahan Orde Baru, Golkar selalu memperoleh mayoritas      suara dan memenangkan Pemilu. Pada Pemilu 1997 yang merupakan pemilu terakhir masa         pemerintahan Orde Baru, Golkar memperoleh 74,51 % dengan perolehan 325 kursi di DPR, dan PPP memperoleh 5,43 %dengan peroleh 27 kursi. Dan PDI mengalami kemorosotan perolehan suara hanya mendapat11 kursi,karena adanya konflik intern di tubuh partai tersebut. PDI pecah menjadi PDI Suryadi dan PDI Megawati Soekarno Putri yang sekarang       menjadi PDIP. Kemenangan Golkar yang selalu mencolok sejak Pemilu 1971 sampai dengan Pemilu 1997 menguntungkan pemerintah dimana perimbangan suara di MPR dan DPR didominasi oleh         Golkar. Keadaan ini telah memungkinkan Soeharto menjadi Presiden Republik Indonesia selamaenam periode, karena pada masa Orde Baru presiden dipilih oleh anggota MPR. Selain itu,setiap pertanggungjawaban,rancangan UU, dan usulan lainnya dari pemerintah      selalu mendapat persetujuan MPR dan DPR tanpa catatan. 
5. Peran Ganda (Dwi Fungsi) ABRI
Untuk menciptakan stabilitas politik, pemerintah Orde Baru memberikan peran ganda kepada ABRI, yaitu peran Hankam dan sosial. Peran ganda ABRI ini kemudian terkenal dengan     sebutan Dwi Fungsi ABRI. Timbulnya pemberian peran ganda pada ABRI karena adanya           pemikiran bahwa TNI adalah tentara pejuang dan pejuang tentara. Kedudukan TNI dan  POLRI dalam pemerintahan adalah sama. Di MPR dan DPR mereka mendapat jatah kursi dengan cara   pengangkatan tanpa melalui Pemilu. Pertimbangan pengangkatan anggota MPR/DPR dari ABRI didasarkan pada fungsinya sebagai stabilitator dan dinamisator. 
6. Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)
Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) adalah referendum yang diadakan pada tahun 1969 di Papua Barat yang untuk menentukan status daerah bagian barat Pulau Papua, antara       milik Belanda atau Indonesia. Pemilihan suara ini menanyakan apakah sisa populasi mau            bergabung dengan Republik Indonesia atau merdeka. Para wakil yang dipilih dari populasi dengan bulat memilih persatuan dengan Indonesia dan hasilnya diterima oleh PBB, meskipun validitas suara telah ditantang dalam retrospeksi.
Pelaksanaan Pepera itu turut disaksikan oleh utusan PBB, utusan Australia dan utusan  Belanda. Ternyata hasil Pepera menunjukkan masyarakat Irian Barat menghendaki bergabung dengan NKRI. Hasil Pepera itu dibawa ke sidang umum PBB dan pada tanggal 19 November 1969.Sidang Umum PBB menerima dan menyetujui hasil-hasil Pepera.
7. Pedomanan Pengahayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) 
Pada tanggal 12 April 1976 Presiden Soeharto mengemukakan gagasan mengenai pedoman menghayati dan mengamalkan Pancasila, yang terkenal dengan nama Ekaprasatya Pancakarsa atau Pedomanan Pengahayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Untuk mendukung pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945secara murni dan konsekuen, maka sejak         tahun 1978 pemerintah menyelenggarakan penataran P4 secara menyeluruh pada semua lapisan masyarakat. Penataran P4 ini bertujuan membentuk pemahaman yang sama mengenai demokrasi Pancasila, sehingga dengan adanya pemahaman yang sama terhadap Pancasila     dan UUD 1945 diharapkan persatuan dan kesatuan nasional akan terbentuk dan terpelihara.       Melalui penegasan tersebut opini rakyat akan mengarah pada dukungan yang kuat terhadap  pemerintah Orde Baru. Dan sejak tahun 1985 pemerintah menjadikan Pancasila sebagai asas tunggal dan kehidupan berorganisasi. Pancasila merupakan prestasi tertinggi Orde Baru, dan olehkarenanya maka semua prestasi lainnya dikaitkan dengan nama Pancasila

Kebijakan Politik Luar Negeri Orde Baru
1. Indonesia Kembali Menjadi Anggota PBB
Indonesia kembali menjadi anggota PBB pada tanggal 28 September 1966 dan tercatat    sebagai anggota ke60. Sebagai anggota PBB, Indonesia telah banyak memperoleh manfaat dan bantuan dari organisasi internasional tersebut.
Manfaat dan bantuan PBB, antara lain sebagai berikut.
1.      PBB turut berperan dalam mempercepat proses pengakuan de facto ataupun de     jure kemerdekaan Indonesia oleh dunia internasional.
2.      PBB turut berperan dalam proses kembalinya Irian Barat ke wilayah RI.
3.      PBB banyak memberikan sumbangan kepada bangsa Indonesia dalam bidang       ekonomi, sosial, dan kebudayaan.
Hubungan yang harmonis antara Indonesia dan PBB menjadi terganggu sejak             Indonesia menyatakan diri keluar dari keanggotaan PBB pada tanggal 7 Januari 1965. Keluarnya Indonesia dari keanggotaan PBB tersebut sebagai protes atas diterimanya Federasi Malaysia       sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, sedangkan Indonesia sendiri pada saat itu    sedang berkonfrontasi dengan Malaysia. Akibat keluar dari keanggotaan PBB, Indonesia praktis terkucil dari pergaulan dunia. Hal itu jelas sangat merugikan pihak Indonesia.
2. Penghentian Konfrontasi dengan Malaysia
Indonesia melakukan konfrontasi dengan Malaysia setelah diumumkan Dwikora oleh      Presiden Soekarno pada tanggal 3 Mei 1964. Tindakan pemerintah Orde Lama ini jelas      menyimpang dari pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif.
Pada masa Orde Baru, politik luar negeri Indonesia dikembalikan lagi pada politik bebas aktif sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Hal ini merupakan pelaksanaan dari Ketetapan    MPRS No. XII/MPRS/1966. Indonesia segera memulihkan hubungan dengan Malaysia yang      sejak 1964 terputus. Normalisasi hubungan IndonesiaMalaysia tersebut berhasil dicapai dengan  ditandatangani Jakarta Accord pada tanggal 11 Agustus 1966.  Persetujuan normalisasi hubunganIndonesia–Malaysia merupakan hasil perundingan di Bangkok (29 Mei–1 Juni 1966). Perundingan dilakukan Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Malaysia, Tun Abdul   Razak dan Menteri Utama/Menteri Luar Negeri Indonesia, Adam Malik. Perundingan telah       menghasilkan persetujuan yang dikenal sebagai Persetujuan Bangkok. Adapun persetujuan  Bangkok mengandung tiga hal pokok, yaitu sebagai berikut.
1.      Rakyat Sabah dan Serawak akan diberi kesempatan menegaskan lagi keputusan yang telah diambil mengenai kedudukan mereka dalam Federasi   Malaysia.
2.      Kedua pemerintah menyetujui memulihkan hubungan diplomatik.
3.      Kedua pemerintah menghentikan segala bentuk permusuhan.
3. Pembentukan Organisasi ASEAN
 ASEAN merupakan organisasi yang dibentuk atas prakarsa lima menteri luar negeri       negara di kawasan Asia Tenggara. Kelima menteri luar negeri tersebut adalah Narsisco Ramos   dari Filipina, Adam Malik dari Indonesia, Thanat Khoman dari Thailand, Tun Abdul Razak dari Malaysia, dan S. Rajarat dari Singapura. Penandatanganan naskah pembentukan ASEAN dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok.
Syarat menjadi anggota adalah dapat menyetujui dasar dan tujuan pembentukan ASEAN seperti yang tercantum dalam Deklarasi ASEAN. Keanggotaan ASEAN bertambah seiring         dengan banyaknya negara yang merdeka. Brunei Darussalam secara resmi diterima menjadi        anggota ASEAN yang keenam pada tanggal 7 Januari 1984. Vietnam diterima       menjadi anggota ASEAN ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995. Sementara itu, Laos dan  Myanmarbergabung dengan ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997 dan menjadi anggota kedelapan dan          kesembilan. Kamboja menjadi anggota ASEAN yang kesepuluh pada tanggal 30 April 1999.
ASEAN mempunyai tujuan utama, antara lain:
1.      Meletakkan dasar yang kukuh bagi usaha bersama secara regional dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan  kebudayaan;
2.      meletakkan landasan bagi terwujudnya suatu masyarakat yang sejahtera dan damai di kawasan Asia Tenggara;
3.      memberi sumbangan ke arah kemajuan dan kesejahteraan dunia;
4.      memajukan perdamaian dan stabilitas regional dengan menghormati keadilan,      hukum, serta prinsip-prinsip Piagam PBB;
5.      memajukan kerja sama aktif dan tukar-menukar bantuan untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial,        kebudayaan, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi;
6.      memajukan pelajaran-pelajaran (studies) tentang Asia Tenggara;
7.      memajukan kerja sama yang erat dan bermanfaat, di tengah-tengah organisasi-organisasi regional dan internasional lainnya dengan maksud dan tujuan yang       sama dan menjajaki semua bidang untuk kerja sama yang lebih erat di antara        anggota.
Dasar kerja sama ASEAN adalah:
1.      saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, persamaan, integritas teritorial,     dan identitas semua bangsa;
2.      mengakui hak setiap bangsa untuk penghidupan nasional yang bebas dari ikut      campur tangan, subversi, dan konversi dari luar;
3.      tidak saling mencampuri urusan dalam negeri masing-masing;
4.      menyelesaikan pertengkaran dan persengketaan secara damai;
5.      tidak menggunakan ancaman dan penggunaan kekuatan;
6.      menjalankan kerja sama secara efektif.

Kebijakan Ekonomi Orde Baru
     Untuk mengatasi keadaan ekonomi yang kacau sebagai peninggalan pemerintah Orde Lama, pemerintah Orde Baru melakukan langkah-langkah:
·         Memperbaharui kebijakan ekonomi, keuangan, dan pembangunan. Kebijakan ini didasari oleh Ketetapan MPRS No.XXIII/MPRS/1966.
·         Mengeluarkan garis program pembangunan, yakni program penyelamatan, programstabilisasi dan rehabilitasi.
·         Program pemerintah diarahkan pada upaya penyelamatan ekonomi nasional, terutama      stabilisasi dan rehabilitasi ekonomi.Stabilisasi ekonomi berarti mengendalikan inflasi      agar harga barang-barang tidak melonjak terus. Rehabilitasi ekonomi adalah perbaikan secara fisik sarana dan prasarana ekonomi. Selama sepuluh tahun terakhir,masa pemerintahan Orde Lama Indonesia mengalami        kelumpuhan dan kerusakan sosial dan ekonomi.Lembaga perkreditan desa, gerakan         koperasi, dan perbankan disalahgunakan dan dijadikan alat  kekuasaan oleh golongan dankelompok kepentingan tertentu.
Hakikat dari kebijakan ini adalah pembinaan sistem ekonomi berencana, yang menjamin  berlangsungnya demokrasi ekonomi ke arah terwujudnya masyarakat adil dan makmur          berdasarkan Pancasila.
Kebijakan ekonomi pada masa orde baru :
1. Dikeluarkannya beberapa peraturan pada 3 oktober 1966
Kebijakan ini antara lain :
·          Menerapkan anggaran belanja berimbang (balanced budget). Fungsinya adalah    untuk mengurangi salah satu penyebab terjadinya inflasi.
·          Menerapkan kebijakan untuk mengekang proses ekspansi kredit bagi usaha-usaha sektor produktif, seperti sektor pangan, ekspor, prasarana dan industri.
·          Menerapkan kebijakan penundaan pembayaran utang luar negeri, serta berusaha  untuk mendapatkan pembiayaan atau kredit luar  negeri baru.
·          Menerapkan kebijakan penanaman modal asing untuk membuka kesempatan bagi investor luar negeri untuk turut serta dalam pasar dan perekonomian Indonesia.
2. Dikeluarkannya peraturan 10 februari 1967 tentang persoalan harga dan tarif.
3. Dikeluarkan peraturan 28 juli 1967. Kebijakan ini dikeluarkan untuk memberikan stimulasi    kepada para pengusaha agar mau menyerahkan sebagian dari hasil usahanya untuk sektor pajak  dan ekspor Indonesia.
4. Menerapkan UU No.1 tahun 1967 tentang penanaman modal asing.
5. Mengesahkan dan menerapkan RUU APBN melalui UU No.13 tahun 1967.
6.Soeharto juga menerapkan kebijakan ekonomi yang berorientasi luar negeri, yaitu dengan       melakukan permintaan pinjaman dari luar negeri.
7.Indonesia juga tergabung ke dalam institusi ekonomi internasional, seperti International Bank for Rescontruction and Development (IBRD), International Monetary Fund (IMF),             International Development Agency (IDA) dan Asian Development Bank (ADB). Setelah berhasil menciptakan politik dalam negeri , maka pemerintahan berusaha melakukan      pembangunan nasional yang di realisasikan pada pembangunan jangka panjang dan jangka         pendek. Hal ini dirumuskan dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Hal ini berhasil karena selama lebih dari 30 tahun, pemerintahan mengalami stabilitas politik sehingga menunjang stabilitas ekonomi.Kebijakan ekonomi pada masa itu dituangkan pada        Rencana Anggaran Pendapatan dan  Belanja Negara (RAPBN), yang pada akhirnya selalu          disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk disahkan menjadi APBN.
Dan pemerintah Orde Baru berhasil membendung laju inflasi pada akhir tahun 1967-1968, tetapi harga bahan kebutuhan pokok naik melonjak.Sesudah dibentuk Kabinet Pembangunan      pada bulan Juli 1968, pemerintah mengalihkan kebijakan ekonominya pada pengendalian    yang ketat terhadap gerak harga barang khususnya sandang, pangan, dan kurs valuta asing. Dampaknya ekonomi nasional relatif stabil, sebab kenaikan harga bahan-bahan pokok dan valuta asing sejak tahun 1969 dapat dikendalikan pemerintah.








Dampak positif dan negatif kebijakan Orde Baru

No.
Bidang
Dampak Positif
Dampak Negatif
1.
Politik
  1. Pemerintah mampu membangun pondasi yang kuat bagi kekuasaan lembaga kepresidenan yang membuat semakin kuatnya peran Negara dalam masyarakat. 
  2. Situasi keamanan pada masa ORBA relatif aman dan terjaga dengan baik karena pemerintah mampu mengatasi semua tindakan dan sikap yang dianggap bertentangan dengan Pancasila. 
  3. Dilakukan peleburan partai dimaksudkan agar pemerintah dapat mengontrol parpol.
  4. Keamanan dalam negeri lebih terjamin.
  1. Pemerintah Orde Baru gagal memberikan pelajaran berdemokrasi yang baik dan benar kepada rakyat Indonesia. 
  2. Sistem perwakilan bersifat semu bahkan hanya dijadikan topeng untuk melanggengkan sebuah kekuasaan secara sepihak. 
  3. Terbentuk pemerintahan yang bersifat otoriter, dominative dan sentralistis.
  4. Kebijakan politik teramat birokratis, tidak demokratis, dan cenderung KKN. 
  5. Dwifungsi ABRI terlalu mengakar masuk ke sendi-sendi kehidupan bebangsa dan benegara.
2.
Ekonomi
  1. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi karena setiap program pembangunan pemerintah terencana dengan baik dan hasilnya pun dapat terlihat secara konkrit.
  2. Indonesia mengubah status dari negara pengimpor beras terbesar menjadi bangsa yang memenuhi kebutuhan beras sendiri (swasembada beras).
  3. Penurunan angka kemiskinan yang diikuti dengan perbaikan kesejahteraan rakyat.
  4. Penurunan angka kematian bayi dan angka partisipasi pendidikan dasar yang semakin meningkat.
  5. Perkembangan GDP per kapita Indonesia yang pada tahun 1968 hanya AS $70 dan pada 1996 telah mencapai lebih dari AS$1.000.
  6. Investor asing mau menanamkan modal di Indonesia
  7. Sukses menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta produk dalam negeri.
  1. Perbedaan ekonomi antardaerah, dalam masyarakat terasa semakin tajam.
  2. Terciptalah kelompok yang terpinggirkan (Marginalisasi sosial)
  3. Menimbulkan konglomerasi dan bisnis yang erat dengan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)
  4. Pembangunan hanya mengutamakan pertumbuhan ekonomi tanpa diimbangi kehidupan politik, ekonomi, dan sosial.
  5. Meskipun pertumbuhan ekonomi meningkat tapi secara fundamental pembangunan ekonomi sangat rapuh.
  6. Munculnyarasa ketidakpuasan di sejumlah daerah karena kesenjangan pembangunan, terutama di Aceh dan Papua
  7. Kecemburuan antara penduduk setempat dengan para transmigran yang memperoleh tunjangan pemerintah.





Selain masalah-masalah diatas, pemerintahan Orde Baru juga telah melakukan tindakan antidemokrasi dan diindikasikan telah melanggar HAM. Amnesti International misalnya dalam laporannya pada 10 Juli 1991 menyebut Indonesia  sebagai pelanggar HAM. meskipun pertumbuhan ekonomi meningkat tetapi secara fundamental pembangunan tidak merata tampak dengan adanya kemiskinan di sejumlah wilayah yang justru menjadi penyumbang terbesar devisa negara seperti di Riau, Kalimantan Timur dan Irian Barat/Papua. Faktor inilah yang selanjutnya menjadi salah satu penyebab terpuruknya perekenomian Indonesia menjelang akhir tahun 1997.

1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete